SUGGENG rawuh w0nten bl09 Kulo
Mugo-mugo blokg qw ki isoh di manwaatke

Sabtu, 26 Februari 2011

Honda-Yamaha, Siap-siap Garap Motor Sport Baru….???



Memenuhi rasa kangen setelah sekian lama bertugas keliling Indonesia bagian timur, dimana masih banyak daerah “blank spot” gak dapet sinyal buat on-line, dan banyaknya permintaan untuk mengulas motor type sport yang bakal dikeluarin pabrikan di akhir tahun 2009 dan 2010, setelah gue cari informasi dari ATPM, kini gue online lagi dengan tulisan ini. Buat para pengunjung setia mohon maaf atas “hilangnya gue dari peredaran untuk sementara” dan terimakasih banget untuk tetap setia berkunjung, komen, dan sharing tentang serba-serbi dunia bikers…..thank You so much Sob….I Love U FULL……..!!!

gs250fk7Pangsa motor sport terus naik saat ini. Angkanya bergerak meninggalkan 10% hingga 13% dari seluruh angka penjualan sepeda motor nasional. Mulai naiknya angka penjualan motor sport ini ditandai dengan hadirnya sejumlah merek motor di luar ATPM lama seperti Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki. ATPM anyar seperti Bajaj, TVS hingga Minerva mencoba pula untuk fokus pada segmen ini.


Honda, Yamaha dan Suzuki nampaknya tak ingin celah tersebut terlewatkan oleh muka-muka baru itu. Suzuki misalnya, di kelas ini mereka sudah punya Thunder yang lumayan laris manis. Suzuki beberapa bulan lalu sempat hendak meluncurkan New Thunder 200 atau 250, namun gagal. Diperkirakan, pabrikan ini masih mempertimbangkan model dari motor anyar tersebut. Maklum body yang semula diusung kurang greget.

cbr-150rSementara itu, persaingan kembali nampak antara Honda dan Yamaha. Keduanya saat ini sama-sama punya dua sepeda motor sport handalan. Honda punya Tiger dan MegaPro sedangkan Yamaha memiliki Scorpio dan Vixion setelah RX-King berhenti produksi akhir tahun lalu. Kedua ATPM tersebut, mulai menunjukkan keseriusannya menghadirkan satu lagi motor sport-nya.

Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Julius Aslan, tak berani mengelak soal kemungkinan ini. Maklum, soal bakal hadirnya sport legendaris Honda yakni Honda CBR begitu kuat mengarah ke AHM. Sejauh ini memang, CBR hadir ke Indonesia melalui importir dengan harga yang agak melambung dengan status motor CBU. “Kita tengah mempertimbangkan memproduksi CBR di Indonesia,” katanya.


2009_honda_cbr600rr_greenJika memang hal itu terbukti, sudah dipastikan, pasar untuk motor CBR akan bergerak dengan indeks tersendiri. Saat ini saja penggemar motor sport tersebut begitu tinggi. Club CBR di Indonesia saat ini bermunculan. “Pengen banget, CBR punya AHM bisa terealisasi di Indonesia. Tentu saja penggemar akan lebih mudah memilikinya dengan harga lebih rendah dari pada harga yang ada di importir saat ini,” kata Sist Wiwiek, Lady Bikers penunggang CBR 150 R.

Di sisi lain, Yamaha Indonesia agaknya sudah menunjukkan indikasi tersebut. Menurut kalangan dalam di pabrikan ini, produksi masal untuk motor sport terbaru mereka sudah mulai dilakukan. “Anda tahu Vixion kan, yang bentuknya sporty? Nah ini, akan tampil lebih cantik lagi. Istilahnya ga perlu di modifikasi lagi motor baru ini sudah sangat oke tampilannya,” kata sumber tersebut.


yzf-r15-2Belum jelas apa nama motor sport baru Yamaha itu. Wartawan DetikOto dalam sebuah kesempatan pernah memergoki sepeda motor anyar itu di jalanan Jakarta akhir Juli lalu. Bentuknya mirip dengan FZ 150 yang mengusung model street fighter. Salah satu indikasinya, tangki motor tersebut dibuat sedemikian rupa hingga terlihat menjadi lebih besar.

Lampu utama FZ 150 pun terbilang sangat futuristik dengan disain kotak yang tegas sehingga membuatnya jadi terlihat sangat kekar. Begitu pula dengan knalpotnya yang dibuat juga lebih besar dari knalpot pada umumnya. Ban yang diaplikasi di motor ini pun juga memiliki tapak yang lebih besar.

Dari info yang beredar motor sport terbaru Yamaha itu hadir dengan mesin karburator. Banyak yang mempertanyakan 2201618036_8f685604efmengapa motor tersebut jatuh kelas dibanding Vixion yang sudah injection. Disebut pula bahwa pilihan karburator itu trik dari Yamaha untuk menggaet calon pembeli dengan bajet anggaran di bawah Vixion. Dengan mesin karburator, motor itu bisa dijual dengan harga lebih rendah. “Jadi nantinya kita punya tiga motor sport dengan pilihan harga serta model mesin dan body yang berbeda,” kata seorang petinggi di pabrikan tersebut.

Yang dimanjakan tentu saja calon pembeli. Mereka disuguhkan aneka pilihan motor sport dari pabrikan sepeda motor utama di Indonesia saat ini. Tinggal menyesuaikan dengan harga, minat pada model serta teknologi sang motor. So, selamat menunggu dan memilih!