SUGGENG rawuh w0nten bl09 Kulo
Mugo-mugo blokg qw ki isoh di manwaatke

Jumat, 11 Maret 2011

Cat mobil

Berbagai pilihan warna catBanyak orang bilang bahwa warna menunjukan kepribadian seseorang. Dalam pemilihan warna untuk kendaraan memang biasanya berkaitan dengan selera warna pemilik kendaraan tersebut, namun tidak sedikit juga orang yang ingin merubah warna mobilnya karena memang mengikuti trend ataupun bosan dengan warna lama yang telah membalut mobilnya.
Bentuknya ada yang ingin merubah secara keseluruhan ataupun hanya pada bagian tertentu saja serta ada yang ingin memakai, gambar, corak atau motif.
Saat ini cara penggantian atau Modifikasi warna juga ada 2 pilihan, yaitu dengan cara pengecatan dan cutting sticker. Kedua cara ini juga telah cukup lama dikenal didunia Modifikasi otomotif, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

1. Pengecatan (Painting)
Merubah warna melalui pengecatan berarti merubahnya dengan menggunakan cairan cat yang disemprotkan pada permukaan body mobil. Menurut bengkel Brilliant, “Proses awal pengecatan yang benar diawali dengan pengerokan cat yang lama atau rusak lalu dilanjutkan dengan proses poxy, pendempulan, kembali ke proses poxy, pengecatan cat dasar dan dilanjutkan dengan pengecatan warna yang diinginkan sampai finishing.
Katalog warna catSaat pemilihan warna biasanya bengkel pengecatan telah memiliki katalog warna cat dari tiap merknya yang telah diklasifikasi berdasarkan merk mobil, namun hal ini berlaku khusus hanya untuk warna standard, untuk pilihan warna custom tidak ada katalog, karena warna tergantung dari keinginan customer, pihak bengkel, seperti bengkel Brilliant biasanya hanya memberikan sample warna custom yang ada, Merk-merk cat yang beredar dipasaran juga telah banyak, Seperti Spies Hecker, DuPont, Sikkens dll, masing-masing merk memiliki harga, karakter warna dan kualitas yang berbeda.

Mengenai lama pengerjaannya, SO bertanya kepada bengkel Brilliant, biasanya bengkel ini untuk pengecatan dengan warna standar solid membutuhkan waktu 3 - 4 hari sedangkan untuk warna-warna gradasi standar berdasarkan katalog bisa membutuhkan waktu hingga 1 minggu. Dan untuk warna jenis candy bisa mencapai lebih dari 2 bulan tergantung dari tingkat kesulitan yang bisa dipengaruhi kondisi komponen-komponen pada body mobil (apabila merestorasi total) dan juga faktor cuaca. Pengecatan akan lebih baik dilakukan pada saat cuaca sedang cerah dan terang dengan sinar matahari.
Warna customUntuk perawatan antar cat standar dengan cat model custom hampir sama, yang terpenting  setelah terkena hujan mobil harus segera dicuci agar tidak ada jamur atau bercak-bercak air yang menempel pada bodi mobil. Ketika mencuci pun harus dari atas baru ke bawah dan ketika mengelap pun harus dengan lap yang halus (Chamois) dari atas baru kebawah agar kotoran-kotoran yang sudah terbilas air tidak terbawa lagi. Sebagai pelindung cat dapat digunakan wax (lilin) tapi bila memang terdapat jamur, untuk menghilangkannya menggunakan compound halus, asal jangan digunakan secara terus menerus, karena bahan creamnya dapat mengikis cat mobil.   
Warna Custom-BunglonDari segi biaya, bengkel brilliant menerapkan berdasarkan system pengecatan, untuk full body dengan cat standar harga yang dipatok sebesar ± 10 juta. Untuk model custom biaya yang dipatok untuk pengecatan model tricord dan partikel sebesar ± 13 juta.Untuk pengecatan per panel / bagian harga berkisar ± 600.000. Semua harga juga tergantung dari jenis warna, merk cat dan proses finishing.

2. Cutting Sticker
Dalam dunia Modifikasi, urusan ganti warna body full atau per bagian dan penambahan motif dengan cara cepat dan relatif lebih murah dari pengecatan, cutting stiker selalu menjadi pilihannya. Saat ini pun telah banyak bengkel Modifikasi yang berkembang hingga melayani pembuatan cutting sticker.

Menurut salah satu seorang desain cutting stiker dari workshop Zeroyone Racing, Firdaus, “bahan yang digunakan dalam cutting stiker bermacam –macam, yaitu seperti bahan jenis oracle, every, (Scotchlite) dan stiker.  Semuanya bahan tersebut itu bisa motif sesuai desain yang kita inginkan melalui alat khusus cutting sticker. Pada umumnya yang biasa dipakai adalah bahan oracle yang terbagi lagi dalam 2 jenis, yaitu Doff dan Gloss.
Cutting Sticker Huruf (Nama/Merek)Proses pemasangannya tidak membutuhkan waktu yang lama, sehari jadi pun bisa dilakukan. Khusus untuk body mobil yang banyak lekukan, terutama buat body mobil yang terdapat cacat berupa penyok, cutting sticker tidak dapat sempurna menutupinya, karena tidak ada proses pendempulan. Daya tahan, cutting sticker umumnya bertahan ± 1 tahun, bila dirawatpun sebaiknya dalam waktu 1 tahun harus diganti atau dilepaskan, karena biasanya warnanya sudah terlihat mulai memudar.

Dalam hal perawatan, untuk yang jenis doff  sangat peka terhadap kotoran namun tidak mudah luntur, khusus yang berwarna putih, pengguna harus lebih sering untuk membersihkannya, karena bila terlalu kotor akan sulit untuk dibersihkan. Kalau yang gloss itu gampang di bersihkan, tinggal ambil lap basah lalu lap kotoran yang ada di cutting stiker. Penggunaan bahan lap juga harus yang halus, jangan sering menggosoknya dengan produk perawatan khusus untuk cat, karena warnanya akan lebih cepat memudar.
Cutting Sticker StripUntuk proses pengerjaannya, cutting sticker bisa memakan waktu ± 1 - 4 hari, tapi itu juga tergantung dari jenis mobil dan juga desain. Bicara harga, Cutting sticker seperti di Zeroyon mematok harga mulai ± 1 juta untuk pengerjaan yang simple dan untuk yang ekstrim dipatok dengan range harga ± 2 - 4 juta dan tergantung dari tingkat kesulitan konsep yang diusung.

Dari pemaparan artikel diatas tentang pengecatan dan cutting sticker, maka SO dapat mengetahui kekurangan dan kelebihannya :
Kelebihan :
1. Pengecatan :

* Pilihan warna lebih beragam, Selain warna standar, SO mania juga bisa mendapatkan warna custom sesuai yang diinginkan.
* Hasil lebih memuaskan, bertahan sangat lama dan warna tidak mudah pudar, terlebih jika dirawat bisa sampai bertahun-tahun.
* Jika bermain motif, pengecatan dengan teknik air brush mampu menghasilkan motif yang lebih bervariatif dengan efek 3D, gambar real dan juga lebih awet.
* Perawatannya lebih mudah, karena telah banyak produk perawatan khusus untuk cat body mobil.

2. Cutting Sticker :

* Waktu pengerjaan sangat cepat dan simple
* Biaya relatif lebih murah daripada pengecatan
* Pilihan warna chrome bisa didapatkan

Kekurangan :
1. Pengecatan :

* Waktu pengerjaan membutuhkan banyak tahapan, sehingga perlu waktu yang relatif lama.
* Biaya relatif lebih mahal.

2. Cutting Sticker
* Pilihan warna yang lebih sedikit dari painting, tidak dapat membuat warna custom.
* Warna tidak tahan lama, maksimal 2 tahun warna sudah terlihat pudar dan harus sudah diganti.
* Perawatannya tidak mudah, karena salah-salah bisa membuat warna lebih cepat pudar.
* Pembuatan motif tidak bisa dengan tampilan 3D layaknya air brush.

Jadi buat SO mania yang punya niatan untuk merubah warna atau membuat motif variasi untuk mobil besutannya, sebelum melaksanakannya sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan pengecatan maupun cutting sticker. Selanjutnya tinggal memilih, mana yang sesuai dengan kebutuhan, konsep dan kocek yang ada.